June 19, 2024

Pengertian Layanan Hosting Website, Cara Kerja dan Fungsinya

Pengertian Layanan Hosting Website, Cara Kerja dan FungsinyaLayanan Hosting Website sangat membantu para pebisnis dalam menjalankan usahanya dengan lebih mudah. Istilah “hosting” mungkin sudah lazim didengar pada saat ini, tetapi bagi sebagian orang yang kurang berpengalaman, istilah tersebut bisa menjadi membingungkan. Akan tetapi, pada kenyataannya, ketika seorang menciptakan sebuah website, hosting merupakan salah satu elemen yang paling sangat penting.

Untuk mempublikasikan sebuah situs web secara online, diperlukan layanan host web. Host web ini bertugas menyimpan semua halaman dari situs web Anda di server komputer, sehingga halaman tersebut dapat diakses melalui internet. Ketika seseorang memasukkan nama domain situs web ke dalam alamat browser, sistem akan mengarahkan mereka ke alamat IP tempat situs web tersebut disimpan.

Untuk memahami konsep ini lebih baik, mari kita bahas pengertian, cara kerja, dan fungsi dari hosting website.

Pengertian Layanan Hosting Website, Cara Kerja dan Fungsinya

Pengertian Layanan Hosting Website

Pengertian Layanan Hosting Website, Cara Kerja dan Fungsinya – Hosting website merupakan fasilitas yang menyediakan ruang penyimpanan bagi berkas-berkas website Anda di internet. Fasilitas tersebut mengizinkan website Anda agar dapat di akses oleh siapa saja yang mempunyai koneksi internet. Dapat dikatakan bahwa hosting adalah layanan yang memfasilitasi pengguna dalam menyimpan data untuk website mereka. 

Analoginya, hosting bisa di ibaratkan sebagai rumah yang dipakai untuk menyimpan bermacam jenis barang. Hosting web umumnya menyediakan layanan kepada klien untuk mempublikasikan situs web mereka secara online. Layanan hosting ini menjadi tahap penting dalam pengembangan sebuah website. 

Dapat diibaratkan bahwa web hosting adalah lahan yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah atau website. Oleh karena itu, lahan tersebut bisa dipergunakan supaya dapat memastikan bahwa website bisa diakses oleh pengunjung.

Cara Kerja Hosting Website

Cara kerja layanan hosting website diawali dari sebuah perusahaan layanan hosting yang menawarkan ruang server. Tujuan utamanya adalah supaya dapat menyimpan aset maupun data-data yang diperlukan untuk suatu website Ketika seorang pengguna mengetikkan domain atau alamat website di browser, layanan hosting akan mengirimkan file yang diperlukan untuk mengaksesnya.

Pengguna membuka browser mereka dan memasukkan alamat website (contohnya, https://example.com/). Browser kemudian mengirimkan permintaan ke Domain Name System (DNS) untuk menerjemahkan alamat website menjadi alamat IP server hosting Anda. DNS akan memberikan alamat IP server hosting Anda kepada browser.

Setelah itu, jika file-file website ditemukan, server hosting akan mengirimkan mereka ke browser pengguna. Browser kemudian akan menerjemahkan file-file website tersebut menjadi halaman web yang dapat dilihat, dibaca, dan diinteraksikan oleh pengguna. Dengan demikian, pengguna dapat melihat, membaca, dan berinteraksi dengan website Anda.

Fungsi Layanan Hosting Website

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja website hosting ada baiknya Anda juga tahu fungsinya. Berikut ini ada beberapa fungsi web hosting antara lain:

1. Melindungi Website dari Serangan Peretas

Web hosting memegang peranan krusial dalam menjaga keamanan sebuah website dari serangan peretas. Oleh karena itu, pemilihan penyedia layanan hosting web yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam hal keamanan siber menjadi sangat penting. Salah satu aspek yang wajib dipertimbangkan adalah perlindungan terhadap serangan yang terjadi pada Distributed Denial of Service.

Serangan DDoS bertujuan untuk menghambat ketersediaan layanan dengan membanjiri server dengan lalu lintas internet palsu, sehingga server menjadi tidak mampu melayani lalu lintas yang sah. Penyedia hosting web yang berkualitas biasanya menawarkan perlindungan terhadap serangan DDoS ini untuk membantu melindungi server Anda dari ancaman tersebut.

2. Meningkatkan SEO Website

Fungsi dari layanan hosting website tidak hanya terbatas pada menyimpan data dan mengakses website, tetapi juga berperan dalam meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) dari sebuah website. Salah satu faktor kunci dalam SEO adalah kecepatan loading halaman website. Website yang lambat akan mengakibatkan pengalaman pengguna yang buruk, meningkatkan tingkat penolakan (bounce rate), dan secara langsung mempengaruhi peringkat SEO.

Dengan demikian, layanan hosting yang berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan kecepatan loading website Anda dengan menyediakan server yang cepat dan handal. Server yang responsif dan mempunyai kecepatan pada akses yang baik akan menentukan bahwa pengguna bisa mengakses konten website dengan cepat hingga tanpa hambatan, sehingga menawarkan pengalaman pengguna yang lebih efektif.

Sementara itu, up time juga menjadi salah satu aspek yang sangat penting di dalam Search Engine Optimization.. Up time merupakan perkiraan pada waktu di mana website Anda online dan bisa di akses oleh semua pengguna. Jika website sering mengalami downtime atau tidak dapat diakses, hal ini dapat menyebabkan frustrasi bagi pengguna dan berdampak negatif pada peringkat SEO Anda. 

Layanan hosting website yang berkualitas tinggi akan membantu meningkatkan uptime website Anda dengan menyediakan server yang stabil dan handal, sehingga mengurangi risiko downtime yang dapat merugikan peringkat SEO Anda.

3. Menyimpan Data

Fungsi utama web hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data. Baik itu, file-file ini berisi kode yang membangun struktur dan tampilan website. File multimedia ini membuat website lebih menarik dan informatif. Database menyimpan data website, seperti informasi produk, artikel dan komentar pengguna.

Hosting bisa dikatakan sebagai sebuah perpustakaan dan website itu buku yang bisa orang lihat dan baca. Sehingga pemilik website bisa menawarkan informasi yang sesuai kebutuhan penggunanya.

4. Alamat Akses atau Link Website

DNS adalah sistem yang menerjemahkan nama domain (misalnya, URL yang tidak valid dihapus) menjadi alamat IP (misalnya 192.0.2.1). Ketika mengetikkan nama domain di browser, DNS akan mencari alamat IP yang sesuai sehingga browser Anda dapat terhubung ke server web yang benar.

Sedangkan redireksi hosting ketika Anda membeli nama domain dan hosting, akan mengkonfigurasikan DNS nama domain untuk menunjuk ke server hosting. Artinya bahwa ketika seseorang mengetikkan nama domain Anda di browser mereka, DNS akan mengarahkan mereka ke server hosting Anda, dimana file-file website tersimpan.

5. Membuat Website Memiliki Performa Tinggi

Salah satu fungsi dari layanan website hosting adalah menciptakan website yang mempunyai performa dengan cukup tinggi. Beberapa penyedia layanan hosting memberikan fitur-fitus tersebut supaya dapat membuat website menjadi lebih stabil. Beberapa layanan web hosting berkualitas tinggi menyajikan berbagai macam fitur unggulan supaay bisa memastikan websitenya berjalan dengan cepat dan stabil. Untuk itu, ada baiknya memilih layanan hosting yang menggunakan pusat data berkualitas tinggi dengan standar tier 4.

Penutup:

Di era serba digital seperti saat ini website sudah menjadi sesuatu yang penting. Bahkan untuk berbagai urusan termasuk masalah bisnis. Hosting website memberikan banyak fungsi dengan cara kerja memberikan layanan dan informasi lengkap kepada penggunanya. Untuk itu, ada baiknya gunakan layanan hosting website berkualitas tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next post Jenis Layanan Hosting Terbaik untuk Mempercepat Website