June 19, 2024

Jenis Layanan Hosting Terbaik untuk Mempercepat Website

Jenis Layanan Hosting Terbaik untuk Mempercepat Website – Jenis layanan hosting di Indonesia ada banyak. Layanan hosting ini diperlukan ketika seseorang ingin membangun website.

Bagi yang masih baru dalam dunia pembuatan website, mungkin masih awam dengan hosting. Dalam memilih jenis hosting ini juga tidak bisa sembarangan.

Namun, sebenarnya apa itu hosting dan apa saja layanan yang diberikan. Dalam artikel kali ini juga akan ada beberapa rekomendasi jenis hosting yang bisa Anda pilih.

Jenis Layanan Hosting Terbaik untuk Mempercepat Website

Jenis Layanan Hosting Terbaik di Indonesia

Jenis Layanan Hosting Terbaik untuk Mempercepat Website – Layanan hosting merupakan penyewaan server yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dari suatu website. Hosting mengizinkan website tersebut tersedia di internet dan dapat di akses dengan gampang hingga kapan saja.

Ada beberapa macam layanan hosting yang berbeda, maka dari itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu sebelum memilih. tentunya tiap-tiap jenis hosting tersebut membawa keunggulan dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Berikut adalah jenis web hosting di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

1. WordPress Hosting

Jenis layanan hosting pertama ada WordPress Hosting. Seperti namanya, layanan web hosting ini dibuat dengan khusus untuk para pengguna platform WordPress.

WordPress sendiri adalah salah satu CMS yang populer, sehingga sengaja menyediakan fitur hosting khusus untuk penggunanya. Lantaran sudah teroptimasi hanya pengguna WordPress, maka kecepatan dan keamanan hosting ini sudah terjamin.

Di samping itu, WordPress merupakan jenis hosting yang ramah untuk pengguna pemula karena sifatnya full managed oleh penyedia. Hanya saja, WordPress Hosting memiliki suatu batasan resource dan konfigurasi.

2. Shared Hosting

Shared hosting ini adalah jenis layanan hosting yang beroperasi dengan memanfaatkan satu server untuk beberapa website secara bersamaan.

Jika menggunakan web hosting ini, website Anda harus berbagi kapasitas hosting, tak terkecuali disk space dan bandwidth dengan web lain. Akan tetapi, karena pemakaian server yang berbagi ini, tarif sewa hosting terbilang lebih murah ketimbang jenis web hosting lainnya.

Shared hosting bisa dibilang friendly untuk website dengan traffic yang cukup rendah. Selain itu, pengoperasian jenis layanan hosting satu ini juga cukup mudah, namun sebelumnya perlu untuk memahami kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

3. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting merupakan hosting yang bekerja dengan pemakaian satu server satu user. Anda bisa menggunakan server secara eksklusif jika memilih jenis web hosting satu ini.

Hal tersebut membawa keuntungan bagi Anda.  Sebut saja seperti kemampuan menampung trafik tinggi, penyimpanan data berkapasitas besar, dan resource yang besar.

Dedicated hosting juga memungkinkan pengaturan dan pengelolaan server yang luas oleh pengguna. Meski demikian, perlu pemahaman yang lebih terkait teknis memakai hosting ini. Di samping itu, tentunya biaya sewa lebih mahal adanya.

4. VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS Hosting adalah jenis hosting dengan penggunaan server bersamaan dengan website lain, namun terdapat partisi untuk tiap-tiap user. Hal ini memungkinkan Anda menggunakan resource khusus tanpa ada pengaruh dari pengguna lain.

Tingkat keamanan VPS hosting dengan dedicated hosting hampir setara. Namun dari segi biaya, VPS hosting lebih terjangkau. Sebab dari segi performa layanan, VPS masih belum sebaik dedicated hosting.

5. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis layanan hosting yang memakai sejumlah server virtual yang menghasilkan kerja gabungan layaknya server dan tunggal. Adanya jaringan server dalam layanan cloud hosting memungkinkan performa website Anda lebih stabil.

Apabila salah satu server mengalami masalah, maka server lain bisa mengambil alih posisinya. Kabar baiknya lagi, Cloud hosting juga bisa mengakomodasi trafik yang tinggi tanpa harus mengalami gangguan atau down time. Harga sewa pada jenis hosting ini juga termasuk mahal ketimbang dengan Shared hosting.

Berikut adalah beberapa fitur cloud hosting:

  • Unlimited Inodes
  • Sub Domain Unlimited
  • Premium SSL
  • Unlimited Bandwidth
  • Email Account Unlimited
  • Unlimited Addon Domain
  • Database Unlimited
  • Unlimited Addon Subdomain
  • Free Domain (berlaku hanya untuk pembelian 1 tahun pertama dengan pembelian baru saja)

6. Managed Hosting

Pengendalian jenis layanan hosting satu ini di lakukan oleh penyedia layanan. Anda bisa langsung menggunakan layanan yang tersedia karena provider menangani semua kebutuhan administrasi dan pengelolaan hosting.

Jika Anda seorang pemula, jenis hosting ini lebih mudah dan praktis. Harganya tidak semahal layanan hosting lain, sebab pemakaian server untuk banyak user.

7. Reseller Hosting

Reseller hosting adalah jenis layanan yang penyedia web hosting diberikan kerpada individu maupun pemilik bisnis supaya bisa menjual layanan web hosting.

Sama seperti menjadi reseller dalam bisnis, di reseller hosting Anda bertindak sebagai penyelenggara dan Anda akan menentukan biaya layanan hosting serta memberikan dukungan pada klien. Di samping itu, web hosting ini memungkinkan Anda membeli resource hosting dari suatu provider untuk kemudian Anda jual.

Pada umumnya, provider hosting akan mengelola bagian teknis web hosting, mencakup update software, keamanan, serta pemeliharaan. Sementara itu, reseller akan membeli paket hosting besar dari providernya lalu membaginya dalam paket-paket lebih kecil dan dijual kembali.

8. Unlimited Hosting

Jenis layanan hosting selanjutnya adalah unlimited hosting. Jenis web hosting ini menawarkan addon, database, bandwidth, dan akun email yang tak terbatas, sehingga Anda bisa dengan luas dalam menyimpan data.

Tidak hanya itu, pengguna jenis hosting ini juga akan memperoleh unlimited sistem inodes. Inodes akan menampilkan jumlah file yang bisa Anda simpan ke unlimited hosting.

Unlimited hosting sebenarnya masih bagian dari shared hosting. Maka dari itu, performa website Anda mungkin akan terganggu bilamana ada gangguan overload dari pengguna lain.

Penutup:

Itulah beberapa jenis layanan hosting yang ada di Indonesia dan mungkin bisa Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan fitur dan harga paket sewanya dengan anggaran yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pengertian Layanan Hosting Website, Cara Kerja dan Fungsinya
Next post Keuntungan Cloud Hosting Bagi Kontinuitas Bisnis