June 19, 2024

Keuntungan Cloud Hosting Bagi Kontinuitas Bisnis

Keuntungan Cloud Hosting Bagi Kontinuitas Bisnis – Berbagai keuntungan cloud hosting membuat perusahaan dan pebisnis tidak perlu berpikir dua kali untuk beralih menggunakannya. Selain membantu pengelolaan bisnis secara digital, layanan website tersebut sebagai sarana meningkatkan daya saing dan efisiensi bisnis.

Mampu menjangkau pangsa pasar lebih luas menjadikan cloud hosting begitu populer di kalangan pebisnis. Dalam setiap bisnis, tentunya ada masa up dan down. Tinggal bagaimana pelaku bisnis mengantisipasi hal tersebut sejak awal.

Keuntungan Cloud Hosting Bagi Kontinuitas Bisnis

Beberapa Keuntungan Cloud Hosting

Keuntungan Cloud Hosting Bagi Kontinuitas Bisnis – Segala sesuatu pasti memiliki sisi positif dan negatif. Hal ini juga berlaku dalam penggunaan teknologi.

Salah satunya adalah penerapan website  untuk memperpanjang usia bisnis. Di era digital pada saat sekarang, kebutuhan akan website sudah menjadi makanan pokok di dalam dunia bisnis.

Banyaknya pengunjung memicu kondisi down pada website. Sebagai antisipasi, pertimbangkan penggunaan cloud hosting.

Sebelumnya, orang sudah mengenal layanan website berupa shared hosting. Namun, untuk menjawab kebutuhan user, khususnya penggiat bisnis, cloud hosting mulai diluncurkan.

Sudah tahu apa saja keuntungan menggunakan layanan web hosting ini?

Menihilkan Kasus Down dan Kemudahan Akses

Mengandalkan beberapa server sekaligus untuk menampilkan sebuah website, memungkinkan layanan cloud hosting terbebas dari down saat sedang ramai pengunjung. Pada dasarnya, sistem cloud sama seperti VPS. Namun, kecepatan cloud hosting lebih memukau.

Berkat server yang responsif, kebutuhan transfer data bukan masalah sulit. Bila satu server mengalami gangguan, maka server lain yang akan mengambil alih tugas.

Keuntungan cloud hosting ini tidak hanya memudahkan pengguna secara teknis. Teknologi cloud memungkinkan pengguna perangkat untuk mengakses situs dari mana saja tanpa kendala.

Tidak perlu lagi perangkat berat untuk mengelola website. Jadi, aktivitas pada akses website bisa kapan saja dan di mana pun berada.

Memudahkan Penyimpanan dan Pemulihan Data

Cloud hosting tidak hanya memprioritaskan keamanan. Kemudahan aktivitas penyimpanan dan pemulihan data situs web atau aplikasi bisa lebih mudah. Kedua fitur tersebut bermanfaat saat terjadi kegagalan sistem atau bencana alam.

Tak Beresiko Malware dan Hacker

Meski kecil, sebuah website tak luput dari resiko keamanan. Jika menggunakan hosting fisik, masih berpotensi mendatangkan malware dan serangan cyber. 

Keuntungan cloud hosting selanjutnya adalah memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Hal ini berkat ketersediaan berbagai fitur keamanan yang baik. 

Misalkan saja fitur proteksi malware dan DDoS yang bertugas memastikan bahwa website aman dari malware. Ada juga teknologi CloudLinux OS yang akan menjaga dan memproteksi kebocoran data pribadi.

Selain keamanan internal, reputasi dan kredibilitas website 100% lebih aman. Hal ini terbukti dengan kepemilikan sertifikat SSL skala internasional.

Berkat sertifikat tersebut, mesin pencarian menganggap website tersebut aman, sehingga akan membantu meningkatkan reputasi dan ranking pencarian.

Dengan cloud hosting, setidaknya pemilik website tidak perlu merasa khawatir kehilangan data. Fitur backup dan restore data memungkinkan backup data secara otomatis sesuai pilihan jangka waktu.

Menyediakan Layanan Bantuan 24 Jam

Konfigurasi web merupakan pekerjaan membingungkan dan terkadang menyita waktu. Dengan ketersediaan bantuan yang lengkap dari cloud hosting, kebutuhan upgrade bukan soal lagi.

Pengguna tidak perlu melakukan upgrade dari awal. Percayakan saja pada pihak pengelola yang membuka pelayanan selama 24 jam.

Artinya, semua masalah terkait website bisa teratasi sesegera mungkin. Perhitungkan untuk beralih ke cloud hosting, terlebih jika website mempunyai traffic yang sangat cukup tinggi.

Website yang dipunya oleh perusahaan besar umumnya mempunyai ratusan hingga mencapai ribuan pengunjung didalam setiap harinya. Saat inilah pemilik website perlu melakukan upgrade dan teknologi cloud menjawab kebutuhan tersebut.

Kemudahan Mengelola Website

Keuntungan cloud hosting selanjutnya adalah kemudahan dalam pengelolaan web. Berkat dukungan berbagai opsi pengaturan dan pengelolaan website, memungkinkan pemilik melakukan pengelolaan website lebih mudah.

Misalkan saja fitur control panel yang berfungsi mengatur segala hal teknis dalam website yang bersangkutan. Adapun fitur WordPress management memudahkan kebutuhan konfigurasi autoupdate serta preview web sebelum mempublishnya ke publik.

Selanjutnya, Laravel dan web packages akan menolong dalam membangun aplikasi berbasis web dengan PHP. Beruntungnya, cloud hosting kompatibel dengan kedua software tersebut.

Selain itu, cloud hosting juga menawarkan keunggulan berupa kemudahan instal platform hanya dalam sekali klik. Hal ini berkat kehadiran fitur auto installer yang siap digunakan, baik platformnya berupa Joomla, Drupal, Weebly, dan lain-lain.

Skalabilitas Tak Terbatas 

Cloud hosting menawarkan kemudahan menyesuaikan kapasitas server dengan permintaan traffic. Pengguna sama sekali tidak perlu mengaplikasikan perangkat keras apapun.

Kebutuhan menambah atau mengurangi server bisa secara mandiri. Bagi pelaku bisnis yang tidak ingin usahanya tenggelam, pertimbangkan menggunakan cloud hosting.

Ingatlah jika lonjakan lalu lintas web biasanya terjadi secara tiba-tiba. Di sisi lain, tidak perlu pembelian perangkat keras bisa mengurangi pengeluaran.

Berpikir bahwa shared hosting tidak cukup untuk meng-host situs web milik Anda?  

Penutup:

Berbagai keuntungan cloud hosting dalam ulasan tadi sudah cukup menjadi alasan untuk segera beralih menggunakannya. Bagi yang merencanakan bisnisnya berkembang pesat, pasti tidak akan melewatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Jenis Layanan Hosting Terbaik untuk Mempercepat Website
Next post VPS Hosting: Pengertian, Definisi, Manfaat & Cara Kerjanya